Tutorial - Cara Membuat Barcode Menggunakan Microsoft Office Excel

Tutorial - Cara Membuat Barcode Menggunakan Microsoft Office Excel

1 Comment

Apa itu barcode? Barcode adalah kode yang terdiri atas kumpulan data optik berupa garis tipis dan tebal yang berisi informasi mengenai sebuah produk/ barang tertentu. Data-data yang tertuang pada barcode hanya bisa diketahui dengan menggunakan alat yang disebut barcode scanner. Dari hasil scanning barcode akan diketahui data mengenai nama, merk, harga dan sebagainya Anda pasti pernah melihat alat tersebut ketika berbelanja di supermarket. Informasi lebih lengkap mengenai barcode bisa dibaca di http://id.wikipedia.org/wiki/Kode_batang.

Bagaimana cara membuat barcode? Ada software khusus yang bisa digunakan untuk membuat barcode baik yang gratis maupun yang berbayar. Yang gratis misalnya Free Barcode generator, Barillo Barcode Software, dan Free Shipping Manager, sedangkan yang berbayar misalnya Barcode Label Maker, BarTender Professional, dan Nice Label Designer Pro. Ada juga layanan membuat barcode secara online yang bisa digunakan secara gratis.

Selain itu, barcode juga bisa dibuat tanpa menggunakan software. Cukup menggunakan font tipe barcode yang diintegrasikan dengan Windows dan Microsoft Office (Word, Excel, Powerpoint). Pada kesempatan ini saya mencontohkan cara membuat barcode di Microsoft Excel tanpa software.
  1. Download Free Barcode Font - Code 39 di http://www.barcodesinc.com/free-barcode-font/ (gratis), file dalam bentuk ZIP.
  2. Ektrak font hasil download ke direktori C:\Windows\Fonts
Membuat Barcode di Microsoft Excel Tanpa Software - 1
  1. Jalankan Microsoft Excel lalu ketik angka/huruf sembarang di sel A1, misalnya 1234, kemudian klik sel B1 dan masukkan formula =A1.
Membuat Barcode di Microsoft Excel Tanpa Software - 2
  1. Aktifkan Sel B1 kemudian ganti tipe font pada sel tersebut dengan Free 3 of 9 Extended
Membuat Barcode di Microsoft Excel Tanpa Software - 3
  1. Ganti ukuran font pada sel B1 dengan angka yang lebih besar agar barcode yang dihasilkan terlihat lebih jelas.
Membuat Barcode di Microsoft Excel Tanpa Software - 4
  1. Anda bisa mengganti angka/huruf yang lain dan lihat hasilnya.
Membuat Barcode di Microsoft Excel Tanpa Software - 5

Jika Anda bekerja di lingkungan pendidikan, barcode tersebut bisa dimanfaatkan untuk membuat kode pada buku-buku koleksi perpustakaan, kode nomor induk siswa, kode barang inventaris, arsip kepegawaian, kode surat-menyurat, dan data-data lainnya.

Itulah cara membuat barcode di Microsoft Excel tanpa software. Selain di Excel juga bisa diterapkan pada aplikasi Microsoft Office lainnya seperti Word, Powerpoint dan Access dengan prinsip yang sama. Selamat mencoba!

Update 5 Juni 2014
Agar barcode yang dihasilkan bisa terbaca oleh barcode scanner, huruf/angka yang diubah ke barcode harus diapit oleh tanda bintang, misalnya *1234*. Hasil scan dengan barcode scanner akan menghasilkan angka/huruf tanpa tanda bintang.
Membuat Barcode di Microsoft Excel Tanpa Software - 6
Sumber : http://www.komputekno.com/2013/08/cara-membuat-barcode-di-excel-word.html

About the Author

Nunc at tortor tempor, tincidunt purus ut, placerat turpis. Sed pulvinar vehicula dolor, at volutpat nibh euismod sed. Nunc sit amet lectus arcu. Nullam sit amet urna in felis accumsan iaculis a sed urna.

1 komentar

dengan excel dapat buat barcode
info sip gan...